https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXm-wOEIzbXf9ZrJ_YO3KgdegtYaI2czj-YPYhmly3xJTuOgbvCX05cGMmTd-Sn4wu50cw0oEm9jX8jbCIU_RHabPfUi22vITMACeNwU9o0MRcN5GzSHAz6_CMeKMuozTeNiHm5zpD71sg/s1600/gundar-logo1.png
Selamat Datang Di FachriyaReza.blogspot.com

Macam-Macam Game Engine Dan Konsep Game

Selasa, 26 Juni 2018

print this page
send email
Nama : Reza Fachriya
NPM  : 5541525
Kelas : 3IA11


Apa itu Game Engine ?

Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.

Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.

Game engine mempunyai tipe-tipe diantaranya:
  • Roll-your-own game engine
Game engine tipe ini lebih disukai karena kemungkinan besar dapat digunakan gratis. selain itu, game engine tipe ini memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya
  • Mostly-ready game engines
Game engine biasanya sudah memberikan fitur-fitur kepada developer game seperti GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Engine  ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
  • Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Developer game bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, sudah bisa merilis game.  Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya.

Macam - Macam Game Engine

1. Unreal Engine

Unreal Engine merupakan game engine yang dikembangkan oleh Epic Games, dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 dengan game bergenre first-person shooter. Walaupun utamanya dikembangkan untuk game first-person shooters, tapi Unreal Engine juga bagus digunakan untuk membuat game bergenre yang lain. Unreal Engine menggunakan bahasa pemrograman C++, dan Unreal Engine merupakan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game pada saat ini.

Unreal Engine dikembangkan oleh Epic Games, yang mempunyai fitur tingkat tinggi dan sering digunakan bagi para developer game saat ini, UE3 pernah dirilis dan dirancang untuk Microsoft DirectX 9 (untuk Windows dan Xbox 360), DirectX 9 untuk Windows Vista, DirectX 11 untuk windows 7 dan OpenGL untuk OS X, Linux, PS3, Wii U, iOS, Android dan HTML 5 / Java Script tahap 3D untuk adobe flash player 11.
Unreal Engine 1
Membuat debut pada tahun 1998 dengan Nyata, generasi pertama Unreal Engine terintegrasi rendering, deteksi tabrakan, AI, visibilitas, jaringan, scripting, dan file sistem manajemen ke dalam satu mesin lengkap. Unreal Engine 1 disediakan canggih software rasterizer dan hardware-accelerated rendering jalan menggunakan Meluncur API, secara khusus dikembangkan untuk 3dfx Gpu,dan telah diperbarui untuk OpenGL dan Direct3D. Rilis dari Unreal Tournament menandai langkah besar di kedua kinerja jaringan dan Direct3D dan OpenGL mendukung.


Unreal Engine 2
Versi kedua dirilis pada tahun 2002 dengan america's Army, gratis, multiplayer shooter yang dibuat oleh US Army dan dibiayai oleh pemerintah AS. Generasi ini melihat kode inti dan mesin rendering benar-benar ditulis ulang. Selain itu, fitur UnrealEd 2, tingkat editor, yang memulai debutnya dengan generasi sebelumnya mesin dan tak lama kemudian diikuti oleh UnrealEd 3, bersama dengan Karma fisika SDK. Ini mesin fisika didukung dengan fisika ragdoll di Unreal Tournament 2003 dan Nyata Kejuaraan. Lainnya mesin elemen yang juga diperbarui, dengan meningkatkan aset serta menambahkan dukungan untuk GameCube dan Xbox. Dukungan untuk PlayStation 2 konsol sebelumnya ditambahkan dalam UE1. Mengambil Xbox samping, kedua GameCube PS2 yang tidak didukung langsung oleh Epik, dukungan yang bukan bertani ke Tingkat Rahasia. Dengan demikian, pihak ketiga yang ingin menggunakan lebih Unreal Engine revisi harus dilakukan mereka sendiri membangun seluruh generasi, karena mereka telah dalam beberapa tahun terakhir dengan Wii, X360, PS3, PSP, dan 3DS.
Unreal Engine 3

Pertama screenshot dari Unreal Engine 3 yang disajikan pada tahun 2004, di mana titik mesin sudah dalam pengembangan selama 18 bulan. tidak Seperti Unreal Engine 2, yang masih didukung tetap-fungsi pipa, Unreal Engine 3 ini dirancang untuk mengambil keuntungan dari sepenuhnya diprogram shader perangkat keras (dalam DirectX 9 hal, yang diperlukan shader model 3.0). Semua pencahayaan perhitungan dilakukan per-pixel, bukan per-titik. Unreal Engine 3 mendukung gamma-benar high-dynamic range penyaji.
Unreal Engine 4

Salah satu fitur utama yang direncanakan untuk UE4 adalah real-time pencahayaan global menggunakan voxel kerucut tracing, menghilangkan pra-dihitung pencahayaan. Namun, fitur ini telah diganti dengan yang serupa tetapi kurang komputasi-mahal algoritme sebelum rilis untuk semua platform, termasuk PC karena masalah kinerja pada konsol generasi berikutnya. UE4 juga termasuk baru fitur pengembang untuk mengurangi waktu iterasi, dan memungkinkan memperbarui C++ kode sementara mesin sedang berjalan. Baru "cetak biru" visual scripting system (penerus UE3 "Kismet") memungkinkan untuk pengembangan cepat dari permainan logika tanpa menggunakan C++, dan termasuk live debugging. hasilnya adalah mengurangi waktu iterasi, dan kurang dari membagi teknis antara seniman, desainer, dan programmer.

Kelebihan :

  • Menggunkan Blueprint, sebuah visual script editor. Yaitu sebuah fitur yang dikembangkan oleh Unreal engine untuk membuat game tanpa harus menuliskan kode pemrograman apapun.
  • Unreal Engine 4 memperlihatkan secara penuh UI (user interface) yang mudah untuk dimengerti jadi tidak akan lama untuk menguasainya.
  • Unreal Engine dapat memberikan grafik yang sangat sangat bagus
  • Unreal Engine 4 sudah dapat digunakan secara gratiss.
Kekurangan :
  • Engine game ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Processor yang digunakan minimal adalah Quad Core Intel atau AMD dengan kecepatan 2.5 GHz, kartu grafis NVIDIA GeForce 470 GTX atau AMD Radeon 6870 HD, dan 8GB RAM. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7 64-bit atau Mac OS X 10.9.2.
2. Corona SDK

Corona ini adalah software untuk membuat aplikasi Android khususnya untuk game development. Walau sebenarnya lebih tepat untuk animasi. Tapi untuk game, corona termasuk yang populer dan top. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa lua. Memang bahasanya sedikit berbeda. Tapi mungkin tidak terlalu sulit bagi yang sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrograman. Ada beberapa penyesuaian.

Penggunaan table, typedata, looping, display object berbeda. Karena banyak digunakan dalam game development, tentu saja punya daya tarik sendiri dalam operasi imagenya yang membutuhkan kualitas visual lebih. Transition yang smooth, dari menjadi tidak ada. Transition dari ada menjadi tidak ada maka di transisi dulu sebelum diremove. Action perubahan posisi dari suatu event. Angry bird, Slash Fruits adalah beberpa yang populer. Aplikasi ini cepat dan mudah alat pengembangan untuk iPhone, iPad dan Android permainan dan aplikasi.

Perangkat pendukung:

Keuntungan terbesar dari Corona adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk bekerja dengan satu basis kode dan menghasilkan produk untuk banyak perangkat yang berbeda. Secara khusus, Corona SDK akan memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi untuk semua perangkat iOS dan perangkat Android.

Corona menggunakan bahasa pemrograman Lua untuk membuat aplikasi. Lua adalah bahasa scriptitng umum digunakan untuk mengembangkan game. Ini memiliki jumlah yang baik adopsi pasar dalam pengembangan masyarakat. Sintaks lua dapat dibandingkan dengan bahasa seperti JavaScript atau ActionScript 3, yang membuatnya mudah untuk belajar.

Corona sangat kuat dan mudah untuk belajar, dan fakta-fakta ini membuat cara terbaik untuk memulai atau melanjutkan pengembangan perangkat lunak Anda tidak peduli platform apa yang Anda sedang membangun untuk.

Pada saat ini, Corona tidak datang dengan editor Lua eksklusif, tetapi ada beberapa editor besar sudah tersedia yang dapat Anda gunakan:

Gratis:
  • Eclipse , menggunakan Eclipse Plugin Lua.
  • LuaEdit , LuaEdit adalah IDE / Debugger / Script Editor dirancang untuk versi 5.1 dari Lua.
  • NotePad + + , editor kode sumber bebas yang mendukung beberapa bahasa pemrograman, termasuk Lua.
  • TextWrangler , editor handal tujuan umum teks dan Unix dan alat Server administrator.
Komersial:
  • Textmate , Tersedia untuk Mac OS X saja.
  • BBedit , HTML profesional terkemuka dan editor teks untuk Macintosh.
  • Decoda , lingkungan pengembangan profesional untuk debugging skrip Lua dalam aplikasi anda.
Kelebihan  :
  • Seperti disebutkan sebelumnya, Corona SDK menawarkan banyak fitur yang membuat cara yang sangat handal untuk membuat aplikasi. Beberapa fitur tersebut adalah:
  • Pengembangan Aplikasi asli: binari executable Corona adalah 100% Objective-C / C + +, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang iOS 4 aturan baru Apple pada penggunaan di luar alat-alat pembangunan. Bahkan, Corona perlu Xcode untuk mengkompilasi.
  • Otomatis OpenGL-ES Integrasi: Tidak perlu memanggil kelas yang luas atau fungsi untuk membuat manipulasi layar sederhana.
  • Pengembangan Cross-Platform: Corona dapat membuat aplikasi untuk iOS (iPhone, iPod Touch, iPad) dan perangkat Android.
  • Kinerja: Corona dioptimalkan untuk menggunakan fitur hardware-accelerated, sehingga menghasilkan kinerja yang kuat dalam permainan dan aplikasi.
  • Fitur perangkat: Akses perangkat kontrol asli dan perangkat keras, seperti kamera, accelerometer, gps, dll
  • Mudah Belajar: Corona menggunakan bahasa pemrograman Lua, yang kuat dan mudah untuk belajar.
Kekurangan :
  • Seperti Ansca tidak secara resmi menjadi bagian dari Apple atau Android, ada beberapa hal yang mungkin tidak tersedia dalam rilis terbaru dari SDK asli. Namun, orang yang merawat Corona terus menambahkan fitur baru yang telah tersedia. Ini adalah masalah bagi semua kerangka cross-platform.
3. Game Maker

Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.

Game maker (yang biasa disingkat GM) adalah IDE Windows dan MAC, yang dikembangkan oleh Mark Overmars menggunakan bahasa pemrograma Delphi. Sekarang ini dikembangkan dan di publikasikan oleh YoYo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak dimana Overmars terlibat didalamnya. Game maker mengizinkan pengguna untuk membuat video games tanpa perlu mengetahui pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Rilisan terbaru dari Windows adalah GameMaker:Studio As pada Mei 2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. Game Maker Studio dirilis pada 22 Mei 2012, dengan Game Maker Standard terbaru rilis menjadi GameMaker 8.1. Sejak awal rilis pada 1999, Game Maker mendapat banyak fitur, mensupport 3D, support di banyak platform, serta basis user yang signifikan, dengan YoYo Games memberikan hosting gratis untuk pengguna pembuat game.

Fitur Game Maker

User Interface & Script IDE

Interface Game maker sangat mudah digunakan karena resource dan ektensi serta game seting sudah di kelompokan menurut hirarki. Untuk Script editor Game maker sangat powerfull dengan beberapa fungsi yang sangat membantu seperti : Highlight / Color Coding. Find and Replace, Auto Completition, Eror Script Checker .

Particle & Physic

Game maker memiliki Fungsi Built-in effect dan physic sehingga game yang akan di buat akan lebih terlihat nyata.

Multi Platform Module

Game maker dapat  menargetkan export game kita ke bagian platform sesuai modul yang dimiliki

Module Game Maker:Studio
  • Console yaitu PlayStation 4, PlayStation vita, PlayStation 3, Xbox One
  • Moblie yaitu Andoid, IOS, Windows Phone dan Tizen
  • OS yaitu Windows, Linux, MacOS
  • HTML5 untuk pembuatan Web Based Game pada halaman web.
  • Extension & External Library
  • Game Maker  juga mensupport Extension dan dynamic link libraly yang di buat dengan bahas apemograman seperti Delphi atau C untuk penambahan fungsi .
Shader

Shader merupkan program yang berjalan pada kartu grafis untuk mengolah pengeluaran visual pada game, dengan adanya Shader game kita akan lebih bagus karena adanya efek tersebut.

Yoyo Compiler

Yoyo compiler atau bisa di singkat YYC digunakan untuk meningkatkan peforma game . YYS dapat manjadikan game yang berjalan 100 kali lebih cepat dengan memanfaatkan kecepatan maksimum CPU.

Bahasa Pemograman GameMaker

GML adalah bahasa scripting utama yang ditafsirkan mirip dengan Java kompilasi Just-In-Time yang digunakan dalam GameMaker. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih meningkatkan dan mengendalikan desain permainan mereka melalui pemrograman konvensional, yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, efektif memanfaatkan pemrograman berorientasi objek.

Libraries GameMaker

Dalam Game Maker, serangkaian tindakan drag-and-drop disebut Libraries. Dalam Game Maker interface, libraries ini ditampilkan sebagai tab yang berisi ikon yang disebut Actions. Setiap Action adalah script GML atau fungsi yang pengguna dapat digunakan dalam permainan mereka. Game Maker dilengkapi dengan set standar perpustakaan yang berisi tindakan yang umum digunakan oleh kebanyakan game, melainkan juga memungkinkan untuk membuat libraries menggunakan Library Builder disediakan secara terpisah dari Game Maker. Ada banyak libraries bahwa pengguna Game Maker dapat men-download untuk menghindari menggunakan GML untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Misalnya, jika user ingin membuat game 3D yang sederhana tetapi tidak memiliki pengalaman dengan GML, mereka dapat men-download 3D Libraries.

Kemampuan Grafik

GameMaker terutama berjalan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis GameMaker ini mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker dimasukkan DirectX, yang memungkinkan fungsi-fungsi grafis yang lebih canggih. Versi 7.0 (Mac OS X) menggunakan OpenGL untuk membuat sprites.

Dimulai dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker menambahkan Direct3D, yang memungkinkan penggunaan grafis 3D yang terbatas. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan atas, OpenGL digunakan untuk grafis 3D dan juga memungkinkan dukungan terbatas untuk model 3D yang sederhana. Converter digunakan untuk membuatnya mungkin untuk menggunakan format 3D yang lebih populer seperti .3 ds, dan .obj untuk digunakan dalam proyek 3D. Paket ekstensi seperti Ogre digunakan untuk memperluas fungsi dasar Game Maker ini. Hal ini juga mendukung kemampuan untuk membuat efek partikel seperti hujan, salju dan awan, namun tidak native dalam 3D kecuali melalui penggunaan Dynamic Link Library. Dukungan untuk mengedit 32-bit .png file ditambahkan dalam versi 8.0 dari perangkat lunak yang juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar dengan alpha channel.

Kelebihan Pada GameMaker
  • Mudah digunakan karena adanya fasilitas Drag and Drop.
  • Tidak terlalu perlu menggunakan Bahasa Pemrograman.
  • Lengkap dengan program pendukung.
  • Dapat membuat jenis game apa saja.
Kekurangan :Game Maker versi Lite
  • Hanya sebagian tool saja yang bisa dipakai
  • Penambahan instuksi save dan load game tidak dapat digunakan pada versi ini
  • Terdapat logo game maker saat me-running game yang mau dijalankan.
4. Unity

Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.

Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.

FITUR UNITY

Rendering

Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.[4]

Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.

ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.

Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.

Scripting

Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.

Asset Tracking

Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.

Platforms

Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang didukung.

Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.

Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.

Asset Store

Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.

Physics

Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers.

Bahasa Pemograman Unity

Bahasa pemrograman yang dapat diterima UNITY adalah JAVA SCRIPT, CS SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT. Unity Menggunakan Sistem navigasi bebas dalam merangkai sebuah game. Hal ini tentunya memudahkan developer untuk melihat sisi-sisi ruang 3 Dimensi dalam game guna melihat celah-celah yang masih ada. Sistem navigasi di Unity mirip pada Editor 3D Modelling yang ada pada Blender 3d.

Kelebihan :
  • Gratis
  • Multiplatform
  • Mempercepat desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG
Kekurangan :
  • Memori yang digunakan besar
  • Butuh penyesuaian yang agak kompleks pada saat mau develop game 2d tanpa bantuan plugin
  • Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based

Efek Dalam Game

1. Resolution

Resolusi merupakan jumlah pixel yang ada di dalam monitor gamers. Biasanya dituliskan dalam bentuk panjang x lebar pixel.

Misal 1440 x 900 maka artinya monitor tersebut akan memiliki panjang 1440 pixel dengan lebar 900 pixel.


Semakin banyak jumlah pixel maka semakin besar pula resolusinya dan semakin mulus juga gambar yang akan dihasilkan. Di dalam game juga ada istilah fps yang artinya adalah frame per second.





















Semakin besar fps semakin berat pula proses render gambar yang akan dihasilkan di monitor gamers.
Namun jika proses render melampaui dari kemampuan VRAM, akan mengakibatkan VRAM penuh dan game menjadi lag.

Kemudian di beberapa game ada yang menunjukkan (*60) atau (*30) yang artinya dijalankan dalam 60 Hz (Hertz) atau 30 Hz.

Hertz sendiri merupakan refresh rate, di mana menunjukkan kemampuan GPU untuk meng-update pixel di monitor tiap detiknya.

2. Texture


Kalau tekstur tentunya membicarakan kualitas dari lingkungan sekitar / environment dalam game. Sehingga game yang dimainkan akan menjadi bagus, indah, dan rapi.


Semakin tinggi tekstur yang gamers inginkan akan menghasilkan kerja VGA yang lebih berat namun detil yang lebih bagus juga.

3. Anti-Aliasing

Anti-Aliasing berfungsi untuk mengurangi efek aliasing atau efek patah-patah. Biasanya efek aliasing akan terlihat jelas pada objek berposisi diagonal.

Anti-aliasing berfungsi sebagai filter yang mengubah warna pada pixel disekitar obyek yang terlihat patah-patah sedemikian rupa sehingga obyek tersebut terlihat lebih mulus.

Proses ini sangat mempengaruhi performa GPU. Fitur ini memiliki banyak tingkatan 2x, 4x, atau 16x.

Anti-aliasing 16x menghilangkan hampir semua efek anak tangga dengan mengurangi performa GPU secara signifikan.

Sedangkan pada anti-aliasing 2x, efek patah-patah mungkin masih sering terlihat, namun performa lebih baik.

anti-aliasing


Ada banyak jenis AA dengan kualitas yang berbeda.

- MSAA (Multisampling Anti-Aliasing)

MSAA merupakan jenis AA yang paling sering digunakan. MSAA diterapkan hanya pada bagian frame yang mungkin terlihat patah-patah, dan bukannya pada seluruh frame, sehingga MSAA bisa saja masih menyisakan efek patah-patah tadi pada beberapa bagian, misalnya didalam obyek poligon.

- TXAA (Temporal Anti-Aliasing)

TXAA bisa juga dikatakan MSAA dengan beberapa modifikasi. TXAA memproses frame yang telah ditampilkan untuk menyempurnakan frame yang akan ditampilkan.


TXAA dibuat oleh NVIDIA sehingga optimal untuk kartu grafis buatannya. TXAA dapat lebih efektif dari MSAA, namun membuat gambar terlihat sangat kabur. AMD juga membuat AA semacam ini dengan nama MLAA.

- FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing)

FXAA adalah jenis AA yang tidak terlalu mengurangi performa. FXAA memproses frame yang ditampilkan untuk mengurangi aliasing dengan relatif cepat. Namun FXAA dapat membuat gambar terlihat kabur.

4. Vertical Synchronization (VSync)

VSync merupakan pengaturan untuk mencegah terjadinya screen tearing. Screen tearing adalah tidak sesuainya frame per second dengan refresh rate

screen tearing


VSync mengolah frame rate sesuai dengan refresh rate untuk mencegah screen tearing, misalnya maksimal 60 fps pada monitor 60Hz. Pada saat frame rate berkurang VSync menguncinya ke 30, 20, atau 15 fps untuk mengindari screen tearing.

Frame rate diantara 60 dan 30 biasanya dikunci ke 30, dan seterusnya. Sedangkan tanpa VSync frame rate-nya bisa lebih tinggi, dengan kemungkinan terjadi tearing.

Adaptive VSync buatan NVIDIA mencegah penurunan frame rate secara signifikan selagi mencegah screen tearing.

5. Render Quality

Render quality akan memengaruhi hasil kualitas gambar yang dihasilkan dalam game.


Semakin kecil kualitas render-nya semakin besar fps yang bisa didapat dengan konsekuensinya memiliki grafik yang kurang memuaskan.

6. Tessellation

Tessellation pengaturan yang akan menyebabkan permukaan yang rata menjadi terlihat lebih detil, lengkap dengan perbedaan kedalaman tekstur.

Tesselation juga menambah kualitas visual lebih terasa. Fitur ini membutuhkan GPU yang mendukung DirectX 11.


Disarankan mengaktifkan fitur ini setelah bisa menyelakan semua fitur yang lain dan performa GPU yang memungkinkan.

tesselation


7. Ambient Occlusion

Ambient occlusion akan membentuk bayangan pada sudut dan sisi tertentu sebuah objek.


Ambient occlusion memproses bayangan yang terbentuk tidak hanya dari satu cahaya saja.

ambient occlusion


8. Anisotropic Filtering

Pengaturan ini membuat tekstur objek yang letaknya jauh terlihat jelas dan merata.

Semakin tinggi tingkat Anisotropic Filtering maka semakin jelas / tajam tekstur objek yang jauh terlihat.


Fitur ini menyempurnakan tampilan visual game tanpa terlalu mengurangi performa.

anisotroptic filtering

Ai Dalam Game ?

Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.

Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:

Penglihatan (vision)
Suara (voice), ucapan (speech)
Gerakan anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node, dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi suatu pohon (tree).

Namun, biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.

Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.


Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.

http://biyankati.blogspot.fr/2015/11/mengenal-unity-software-pembuat-game.html
http://imyudha.blogspot.fr/2013/05/game-maker.html
http://dokidokimaker.blogspot.fr/2015/12/pengenalan-game-maker-studio.html
https://rickykurn.wordpress.com/2012/03/08/apa-itu-game-engine/
https://id.wikipedia.org/wiki/Unreal_Engine_:_Game_Engine
https://mxac.wordpress.com/2017/04/12/analisis-serta-perbandingan-game-engine/
https://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/

0 komentar:

Posting Komentar